Dalam kebakaran hutan dan lahan, spesies yang pertama punah adalah hewan melata. Seperti ular boiga ini yang terpanggang api di hutan di Desa Sungai Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Ketapang, Kalimantan Barat. Foto diambil oleh @wildanherdy, anggota @manggalaagni_daopsketapang pada 20 September 2019.

Para pembakar hutan pasti tidak tahu apa akibat kehilangan spesies tanah ini. Seperti dilaporkan IPCC pada Mei lalu, konversi lahan mengakibatkan planet ini kehilangan 1 juta spesies yang membuat rantai ekosistem terputus. Bumi pun meranggas dan hilang keseimbangan.

Pada akhirnya, akibat yang ditimbulkan keserakahan manusia itu tak hanya menimpa para pembakar hutan dan keluarganya, tapi kita semua—kita yang menyayangi bumi ini: satu-satunya planet tempat kita hidup ini.

وَما أَصابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِما كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُوا عَنْ كَثِيرٍ

“Dan segala musibah yang menimpa kalian adalah disebabkan oleh perbuatan tangan kalian. Dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan kalian)” (QS. Asy-Syuuraa: 30).

➖➖➖➖➖➖

Mari bantu saudara-saudara kita yang mendapatkan musibah asap bersama Markaz Bersama As-Sunnah melalui transfer ke rekening berikut :

💳 BSM (Bank Syariah Mandiri)
| kode bank : 451
| No. Rek : 712 7695 177
| an. HSI ABDULLAHROY BERBAGI
| Cabang : Cakung, Jakarta Timur

🕹Mohon tambahkan kode UNIK 040 di akhir nominal donasi

Contoh : 1.000.040

📱 Informasi Donasi
wa.me/6289674169966

➖➖➖➖➖

👥 Facebook : fb.com/poskobersamaassunnah
🏜 Instagram : @poskobersamaassunnah
🎈 Twitter : @assunnahpeduli
🌎 WEB : www.poskobersamaassunnah.org